Pages

Mengenai Saya

Foto saya
Architecture of Gunadarma University. My Dream = Senior Architect!!! :')
Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 19 Maret 2017

SENADO SQUARE

SENADO SQUARE - MACAU


SENADO SQUARE, HONGKONG, BIMA HARYADI  ARSITEKTUR, UNIVERSITAS GUNADARMA


Senado Square atau Largo do Senado adalah sebuah kawasan tempat warga setempat dan wisatawan berkumpul. Di Indonesia, tempat semacam ini disebut dengan alun-alun. Di Senado Square inilah aktivitas bisnis dan budaya Macau berjalan. Berbagai toko dan restoran ada di sini. Tak heran jika hingga malam, Senado Square tetap hidup. Bagi para fotografer, suasana Senado Square yang merupakan paduan antara budaya China dan Portugis layak untuk diabadikan.




SEJARAH SENADO SQUARE

SENADO SQUARE, HONGKONG, BIMA HARYADI  ARSITEKTUR, UNIVERSITAS GUNADARMA


Senado Square terletak di daerah pusat semenanjung Macau. Kawasan seluas 3.700 meter persegi ini pada tahun 2005 resmi masuk ke dalam daftar warisan dunia UNESCO karena merupakan bagian dari pusat sejarah Macau. Jejak sejarah di Senado Square memang sangat terasa dari arsitektur bangunan yang didominasi gaya Portugis yang sempat menjajah Macau. Selain pertokoan, disini juga terdapat Gereja St. Dominic.

Pada tahun 1940, kawasan ini berdiri sebuah patung prajurit Portugis bernama Mesquita. Dialah yang bertanggungjawab atas kematian tentara China selama peperangan dengan Dinasti Qing (1644-1911). Namun sejak dihancurkan oleh orang-orang China,  kini patung tersebut sudah berganti dengan air mancur. Inilah mengapa, kawasan Senado Square sering juga disebut “The Fountain” atau “air mancur”. Saat masih dikuasai Portugis, kawasan Senado Square merupakan tempat sebagai ajang untuk memamerkan kekuatan militer. Gubernur setempat sering mengadakan upacara militer dan pelantikan kepolisian di tempat ini.

Yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan adalah pusat perbelanjaan dan restoran tradisional China yang berada di sekitar kawasan Senado Square. Mode pakaian, makanan ringan dan lingkungan yang indah membuat kawasan ini menjadi daya tarik tersendiri. Kembang api dan barongsai biasanya diadakan pada hari-hari khusus seperti Festival Musim Semi China dan Hari Natal.

Pada awal 1990, otoritas setempat memperkerjakan beberapa ahli dari Portugis untuk menghiasi Senado Square dengan mosaik gelombang bermotif batu-batu berwarna. Sejak saat itu, daerah ini menjadi tempat yang populer untuk kegiatan budaya di Macau. Bangunan-bangunan di sekitar Senado Square memiliki sejarah panjang sehingga hingga kini tidak ada perubahan apapun terkait dengan fasad bangunan. Bangunan-bangunan neo-klasik bercampur dengan kemegahan arsitektur modern menarik wisatawan. Belum lagi banyak area publik yang memungkinkan warga setempat berkumpul dan saling bertukar cerita. Bagi para pemburu foto, bangunan –  bangunan di Senado Square sayang untuk dilewatkan. Ada gedung tua bercat pink yang layak untuk dipotret dan air mancur yang berada di tengah kawasan sebagai landmark. Jangan lewatkan bangunan The General Post Office yang kuno. Anda sekaligus dapat menambah koleksi kartu pos dan juga mengirimkannya melalui kantor pos yang hingga kini masih sangat kokoh dan terawat. Selain itu, masih ada Holy House of Mercy dengan arsitektur tempo dulu yang memesona. Jajaran Macau Business Tourism Centre pun bediri dengan rapi dan makin indah jika dilihat pada malam hari.


SENADO SQUARE SEBAGAI PUSAT PERBELANJAAN
Sebagai wilayah perjudian dan kota tua yang sarat dengan hiburan, Macau tumbuh menjadi kota wisata di mana di sekitar kawasan ini tumbuh pusat-pusat perbelanjaan dan restoran yang menawarkan berbagai produk dan makanan khas, dimana salah satu pusat perbelajaan yang paling terkenal di Macau adalah alun-alun Senado Square.

Alun-alun Senado Square merupakan salah satu lokasi pasar kota terbaru di Macau yang memiliki ciri warna dan arsitektur bangunan bergaya Portugis kental. Jalan sempit dan bangunan berbatu yang dihiasi dengan pusat-pusat perbelanjaan dan restoran menjadikan keunikan tersendiri sekaligus sebagai daya tarik bagi para wisatawan yang datang dan menghabisi waktu liburannya di Macau.

Mulai model pakaian, makanan ringan dan lingkungan yang indah menjadikan kawasan ini memikat daya tarik dan perhatian tersendiri bagi para wisatawan untuk datang. Banyaknya pilihan toko yang berjejer membuat kita bebas dan leluasa membeli.

Senado Square dengan alun-alun yang sangat panjang ini, tidak saja disenangi atau disukai oleh para kaum hawa yang hobi belanja, akan tetapi warga Macau sendiri suka terhadap ini, disamping untuk berbelanja, Snado Square juga selalu dijadikan meeting point untuk berbagai aktivitas. Dan tak mengherankan, kalau Snado Square ini selalu ramai pengunjung.

Salah satu bagian dari kawasan Senado Square ini adalah Avenida Almeida Ribeiro yang identik dengan jalan-jalan sempit menuju alun-alun utama. Di tempat ini banyak pedagang yang menawarkan aneka ragam busana, mulai pakaian anak-anak,pakaian dalam pria dan wanita, sepatu, aksesoris, hingga aneka souvenir. Bahkan di kawasan ini terdapat bangunan yang disebut sebagai Rua da Polha salah satu pusat perbelanjaan yang menawarkan beragam jenis pakaian, jam tangan, dan juga aksesoris, seperti jam tangan, tas sepatu dan berbagai produk dengan model terbaru.

Selain Senado Square yang selalu dijambangi para kaum hawa saat berlibur ke Macau, masih ada lagi sejumlah destinasi wisata belanja yang memang harus kita kunjungi bila ingin mnedapatkan pengalaman tentang kawasan perbelanjaan di Macau, diantaranya Red Market,Venetian Macau Resot, New Yohan Departemen Store, dan Sau Domingos Market.


TRANSPORTASI & HOTEL DI SENADO SQUARE

SENADO SQUARE, HONGKONG, BIMA HARYADI  ARSITEKTUR, UNIVERSITAS GUNADARMA


Di Senado Square ada pemandangan unik yang bisa Anda lihat di pagi hari, yakni antrean orang untuk mendapatkan koran gratis. Mereka dengan sabar berjajar untuk menerima surat kabar secara cuma-cuma agar bisa menikmati kabar seputar Makau dan kejadian penting lainnya di dunia.

Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa menaiki bus nomor 3, 3A, 4, 8A, 10, 10A, 11, 18, 19, 21A, 26A, 33 dengan tujuan Avenida de Almeida Riberio.  Selain Senado Square, objek wisata lain yang bisa Anda kunjungi adalah Macau Fisherman’s Wharf, Kuil A-Ma dan Museum de Macau. Jangan lupa untuk memilih hotel yang nyaman agar liburan Anda makin menyenangkan. Beberapa hotel di kawasan Makau yang bisa Anda singgahi adalah Fu Hua Guang Dong Hotel, Lisboa Hotel, dan Best Western Sun Sun Hotel.


ARSITEKTUR DI SEKITAR SENADO SQUARE

SENADO SQUARE, HONGKONG, BIMA HARYADI  ARSITEKTUR, UNIVERSITAS GUNADARMA


Senado Square merupakan salah satu tempat yang paling ramai didatangi di Macau. Lapangan dengan jalan terbuat dari batu berpola gelombang ini, ramai didatangi saat sore dan malam hari. Bangunan-bangunan yang ada di sana berlekuk khas Portugis, menjulang megah di kanan kiri lapangan. Sebagian besar bangunan berwarna pastel. Macau yang menjadi daerah administrasi khusus dari China sejak Desember 1999 ini, memang bekas jajahan Portugis.=

Jalanan yang bersih, bebas dari kendaraan serta bangku-bangku yang disediakan di sekitar lapangan membuat tempat ini menjadi surga bagi pejalan kaki. Senado Square dibangun pada 1918 untuk menghubungkan Praira Grande dengan pelabuhan. Lapangan dengan air mancur ini dulunya kerap digunakan oleh pemerintah kolonial untuk menunjukkan kekuatan dan kekuasaan militer mereka.

Senado Square sendiri adalah area terbuka sebagai gerbang masuk menuju kawasan pertokoan kota lama. Bangunan lama tersebut saat ini sudah dicat dengan warna kekuningan dan di dalamnya sudah berupa toko-toko yang diantaranya merupakan outlet merek-merek terkenal seperti Boschini, Guardiano dan merek-merek terkenal lainnya. Di sebelah kanan area terbuka Senado Square adalah bangunan kantor Pos dan sebelahnya terdapat  terdapat bangunan Santa Casa Da Misericordia.

Di tengah-tengah terdapat air mancur yang menambah lokasi ini menjadi sudut favorit wisatawan untuk berfoto. Namun bukan hanya itu, Senado Square terkenal juga karena merupakan bagian dari UNESCO World Hermitage Site "Historic Center of Macau".

Gedung lain di Senado Square yang jadi favorit pelancong untuk berfoto adalah Gereja St Dominic. Gereja yang dibangun pada abad 16 oleh Misionaris Ordo Dominikus. Gereja ini menjadi unik selain arsitekturnya, tapi juga warna gedung dimana warna kuning pada dinding dan putih pada pilarnya sangat kontras dengan warna hijau pada jendela dan pintu.

Untuk mengambil foto di gedung-gedung tua serta Senado Square ini cukup sulit karena banyaknya turin yang juga ingin berfoto, jadi jangan berharap bisa berfoto sendiri dengan latar belakang gedung-gedung ini. Selain Gereja St Dominic, terdapat juga Gedung St Josep yang digunakan sebagai ruang seminar dan St Agustine.




Sumber :



1 komentar:

 

Blogger news

Blogroll

About