Pages

Mengenai Saya

Foto saya
Architecture of Gunadarma University. My Dream = Senior Architect!!! :')
Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 09 Oktober 2014

TUGAS 1: ILMU SOSIAL DASAR

Nama        : Bima Haryadi

NPM         : 22314172
Kelas       : 1TB04
Jurusan     : Teknik Arsitektur
Mata Kuliah : Ilmu Sosial Dasar

1. A. PENGERTIAN ILMU SOSIAL DASAR


  Ada beberapa macam pengertian dari Ilmu Sosial Dasar, diantaranya yaitu:
  1. Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang memperdalam tentang masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia yang menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial. Ilmu-ilmu sosial itu seperti: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psikologi sosial.
  2. Ilmu Sosial dasar adalah ilmu yang membahas tentang masalah social yang dilakukan oleh pribadi seseorang. Dimana itu dinilai dari tindakan seseorang yang dilakukannya terhadap lingkungannya sendiri.
  3. Ilmu Sosial Dasar juga merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan dengan memberikan pengetahuan umum kepada masyarakat tentang konsep kehidupan bermasyarakat yang memberikan nilai dalam menghadapi masalah-masalah yang terjadi di masyarakat.
  4. Ilmu Sosial Dasar juga bukan merupakan gabungan dari berbagai macam ilmu sosial yang dipadukan, karena ilmu sosial dasar tidak memiliki objek materi ilmiah tersendiri dan tidak mengembangkan suatu penelitian ilmu.
  5. Ilmu Sosial Dasar adalah gabungan dari disiplin ilmu sosial yang digunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar. Ilmu Sosial dasar juga memberikan dasar – dasar pengetahuan tentang konsep untuk mengkaji gejala sosial.
  6. Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang sosial manusia di dalam lingkungan.
  7. Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang menyajikan pemahaman mengenai hakikat manusia sebagai makhluk sosial dan masalahnya dengan menggunakan kerangka pendekatan.
  8. Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara pelapisan sosial dan persamaan derajat.
  9. Ilmu Sosial Dasar mempelajari tentang adanya berbagai masalah kependudukan dan hubungan dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
  10. Ilmu Sosial Dasar mempelajari tentang masalah yang dihadapi masyarakat pedesaan.

Ada juga beberapa pengertian Ilmu sosial dasar menurut para ahli, diantaranya yaitu:
A. LEWIS
Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi sehari-hari antara warga negara dan pemerintahannya.
B. KEITH JACOBS
Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas.
C. RUTH AYLETT
Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheren dan terintegrasi.
D. PAUL ERNEST
Ilmu Sosial Dasar adalah lebih dari sekedar jumlah manusia secara individu karena mereka terlibat dalam berbagai kegiatan bersama.
E. PHILIP WEXLER
Ilmu Sosial Dasar adalah sifat dasar dari setiap individu manusia
F. ENDA M. C 
Ilmu Sosial Dasar adalah cara tentang bagaimana para individu saling berhubungan.
G. LENA DOMINELLI
Ilmu Sosial Dasar adalah merupakan bagian yang tidak utuh dari sebuah hubungan manusia sehingga membutuhkan pemakluman atas hal-hal yang bersifat rapuh di dalamnya.
H. PETER HERMAN
Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dipahami sebagai suatu perbedaan namun tetap merupakan sebagai satu kesatuan.
I. ENGIN FAHRI
Ilmu Sosial Dasar adalah sebuah inti dari bagaimana para individu berhubungan walaupun masih juga diperdebatkan tentang pola berhubungan para individu.



1. B. TUJUAN DARI ILMU SOSIAL DASAR

Ilmu Sosial Dasar merupakan gabungan dari disiplin ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah-masalah sosial yang timbul dan berkembang dalam masyarakat. ISD memberikan dasar-dasar pengetahuan umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial kepada mahasiswa, yang diharapkan cepat tanggap serta mampu menghadapi dan memberi alternatif pemecahan masalah dalam kehidupan masyarakat. Dengan begitu antara ilmu-ilmu sosial dan ilmu sosial dasar tidak ada perbedaan yang prinsipiil.

Membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas dan ciri-ciri kepribadian yang diharapkan dari setiap anggota golongan terpelajar Indonesia, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia lainnya.

Tujuan dari Ilmu Soial Dasar yang selanjutnya yaitu, untuk menghasilkan tenaga ahli yang mempunyai tiga jenis keterampilan yaitu Personal, Akademik dan Profesional. 

a.   Kemampuan personal/ kemampuan kepribadian
Dengan kemampuan ini tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga menunjukkan sikap dan tindakan yang mencerminkan kepribadian Indonesia, mengenal dan memahami nilai-nilai keagamaan, kemasyarakatan, kenegaraan/ pancasila serta memiliki pandangan luas dan kepekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi masyarakat Indonesia.

b.  Kemampuan Akedmik
Adalah kemampuan untk berkomunikasi secara ilmiah, baik lisan maupun tertulis, menguasai peralatan analisa, mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan analitis. Memiliki kemampuan konsepsional untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang dihadapi serta mampu menawarkan alternatif pemecahannya.

c.   Kemampuan Profesional
Adalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan. Tenaga ahli diharapkan memliki pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi dalam bidang profesinya.


2. RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL DASAR

Berpangkal pada tujuan diatas maka ada dua masalah yang dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup pembahasan mata kuliah ISD.
1.  Adanya berbagai aspek yang merupakan satu masalah sosial yang dapat ditanggapi dengan pendekatan sendiri/ menurut keahlian yang berbeda-beda, maupun sebagai gabungan pendekatan gabungan antar bidang.
2.  Adanya keragaman golongan dan kesatuan sosial lain dalam masyarakat, yang maisng-masing mempunyai kepentingan kebutuhan serta pola-pola pemikiran dan pola tingkah laku sendiri, tetapi juga amat banyaknya kesamaan kepentingan kebutuhan serta persamaan dalam pola-pola pemikiran dan tingkah laku yang menyebabkan pertentangan maupun hubungan setia kawan dan kerjasama dalam masyarakat kita.

Bedasarkan ruang lingkup diatas kiranya masih perlu penjabaran lebih lanjut untuk bisa dioperasionalkan kedalam pokok bahasan dan sub pokok bahasan yaitu:
  • Mempelajari dan menyadari adanya berbagai masalah kependudukan dan hubungannnya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
  • Mempelajari dan menyadari adanya masalah-masalah individu, keluarga dan masyarakat.
  • Mengkaji masalah-masalah kependudukan dan sosialisasi serta menyadari identitasnya sebagai mahasiswa.
  • Mempelajari hubungan antara warga negara dan negara.
  • Mempelajari hubungan antara pelapisan sosial dan persamaan derajat.
  • Mempelajari masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat perkotaan dan pedesaan.
  • Mempelajari dan menyadari adanya pertentangan-pertentangan sosial bersamaan dengan adanya integrasi masyarakat.
  • Mempelajari usaha pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi oleh manusia untuk memanfaatkan kemakmuran dan pengurangan kemiskinan.





DESKRISI DARI PENJELASAN DI ATAS

        Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang memperdalam tentang masalah-masalah sosial yang dilakukan oleh pribadi seseorang dimana itu dinilai dari tindakan seseorang yang dilakukan terhadap lingkungannya sendiri. Dengan ini diharapkan agar masyarakat mampu menghadapi masalah-masalah yang terjadi di masyarakat atau pedesaan.

          Ilmu Sosial Dasar ini adalah sifat dasar dari setiap individu manusia, dimana sesama individu bisa saling berhubungan sehingga mampu melakukan berbagai kegiatan bersama-sama.

       Tujuan dari kita mempelajari mata kuliah Ilmu Sosial Dasar ini adalah agar mahasiswa dapat mengembangkan wawasan pemikiran dan kepribadian supaya memperoleh wawasan pemikiran yang luas. Supaya para mahasiswa mampu mencerminkan kepribadian Indonesia, mengenal dan memahami nilai-nilai keagamaan, kemasyarakatan, kenegaraan/ pancasila. Lalu supaya mahasiswa mampu berkomunikasi secara ilmiah, baik lisan maupun tertulis, mampu menguasai peralatan analisa, berpikir logis, kritis, sistematis, dan analitis. Serta supaya para mahasiswa bisa menjadi tenaga ahli di bidang profesinya masing-masing. Misalnya di Jurusan Teknik Arsitektur, Yaitu menjadi seorang Arsitek Senior yang ahli dalam merencanakan bangunan, lingkungan serta kawasan yang akan di bangunnya, menjadi arsitek ahli di bagian interior, eksterior, landscape, elektrikal, mekanikal, dan lain-lain.

         Ruang lingkup mata kuliah Ilmu Sosial Dasar yaitu mempelajari berbagai masalah kependudukan, masalah individu, masalah keluarga, dan masalah masyarakat perkotaan maupun pedesaan. Mempelajari hubungan antar warga negara dan negara, mempelajari hubungan antara pelapisan sosial dan persamaan derajat. Mempelajari usaha pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi oleh manusia untuk memanfaatkan kemakmuran dan kemiskinan.

        Ilmu Sosial Dasar sangatlah penting, karena sebagai seorang mahasiswa kita akan mulai belajar bersosialisasi dengan dunia di sekitar kita. karena kita sebagai manusia yang dilahirkan sebagai manusia sosial yang berarti tidak bisa berdiri sendiri tanpa adanya bantuan dari orang lain.

       Didalam dunia kampus kita akan bersosialisasi dengan teman kelas, teman seangkatan, kakak kelas/senior, dosen, satpam dan masyarakat di lingkungan kampus yang lain. Dengan bersosialisasi kita akan mempunyai banyak teman yang akan membantu kita disaat kita menghadapi kesulitan.

       Kita juga bisa belajar bersosialisasi dengan mengikuti organisasi-organisasi  atau kegiatan yang ada di kampus seperti BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa).

         Selain itu juga kita dapat belajar bersosialisasi dengan masyarakat luas dengan cara mengadakan event tertentu seperti perlombaan, penelitian, bazaar, bakti sosial, seminar, dan lain sebagainya.

        Maka jika dilihat dari tujuannya, mata kuliah Ilmu Sosial Dasar sangatlah penting untuk diajarkan pada para mahasiswa, sehingga mahasiswa tersebut bisa menjadi mahasiswa yang aktif dan bisa bersosialisasi di dunia luar serta dunia kerja dan industri.


--- Terimakasih ---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About